Jumat, 09 Desember 2011

Awal Wahyu

Aisyah r.a. berkata, "Wahyu pertama turun kepada Rasulullah saw. adalah berupa mimpi baik dalam tidur. Beliau melihat mimpi tersebut seperti cahaya fajar. Sejak itu beliau mulai senang menyendiri. Beliau menyendiri di gua Hira beribadah di sana sampai beberapa hari hingga habis perbekalan. Ketika perbekalan sudah habis, beliau kembali ke Khadijah ra. untuk mempersiapkan perbekalan dan kembali ke gua lagi.

Akhirnya datang kebenaran ketika beliau berada di gua Hira. Malaikat Jibril as. datang dan berkata: Bacalah! Beliau menjawab, "Aku tidak dapat membaca." Beliau berkata: Malaikat memeluk aku sampai aku kepayahan kemudian ia melepaskan pelukannya, lalu berkata, "Bacalah!" Aku menjawab, "Aku tidak dapat membaca." Malaikat itu memeluk aku untuk kedua kalinya sampai aku kepayahan kemudian ia melepaskan pelukannya dan berkata, "Bacalah!" Aku menjawab: Aku tidak dapat membaca. Maka Malaikat itu memeluk aku untukketiga kalinya kemudian melepaskan pelukannya dan berkata:
اقرأ باسم ربك الذي خلق * خلق الانسان من علق * اقرأ وربك الأكرم * الذي علم بالقلم * علم الإنسان ما لم يعلم
Artinya, " Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. " (96/1-5).


Kemudian Rasulullah saw. kembali dengan wahyu yang sudah terhujam di dadanya. Beliau menemui Khadijah binti Khuwailid ra. dan berkata, "Selimuti aku, selimuti aku." Keluarganya menyelimuti beliau hingga hilang ketakutan beliau. Beliau menceritakan kisahnya di gua Hiraa kepada Khadijah ra., "Aku khawatir terhadap apa yang menimpa diriku." Khadijah berkata, "Tidak apa-apa. Demi Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakanmu selamanya. Sesungguhnya engkau selalu menyambung silaturahim, menolong banyak orang, memberi makan orang miskin, menghormati tamu, membantu orang-orang yang benar."

Khadijah ra. membawa beliau ke Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdul Izza, saudara sepupunya. Seorang Nasrani yang saleh pada masa Jahiliyah. Dia menerjemahkan Injil berbahasa Ibrani ke bahasa Arab. Dia sudah tua dan buta. Khadijah berkata kepadanya, "Wahai anak pamanku, dengarlah keluhan dari keponakanmu (Muhammad saw.). Waraqah menjawab, "Wahai keponakanku, ada apa denganmu؟" Rasulullah saw. menceritakan peristiwa yang telah terjadi atas dirinya. Waraqah berkata, "Itu adalah Namus yang pernah datang menemui Nabi Musa as. Seandainya aku masih hidup ketika kaummu mengusirmu." Rasulullah saw. berkata, "Apakah mereka akan mengusirku؟" Waraqah menjawab, "Ya. Tidak ada seorang yang datang membawa seperti yang kamu bawa kecuali akan dimusuhi dan jika aku masih hidup pada saat itu, aku akan menolongmu sekuat tenaga." Waraqah tidak mendapati kesempatan itu, karena ia meninggal ketika wahyu terhenti sementara.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar